Fakta Tentang Pelangi, Benarkah Hanya Muncul Setelah Hujan?

Fakta Tentang Pelangi, Benarkah Hanya Muncul Setelah Hujan? – Selama ini, pelangi sama juga bersama dengan sinar warna-warni yang nampak setelah hujan. Cahaya warna-warni yang terbentuk dari pantulan sinar matahari ini juga mempunyai banyak mitos di baliknya. Tapi tentu saja tidak seluruh mitos yang beredar itu benar. Nah, tak ada salahnya kamu memahami seputar fakta berkenaan pelangi selanjutnya ini, seperti dilansir dari laman Science How Stuff Works.

Fakta Tentang Pelangi, Benarkah Hanya Muncul Setelah Hujan?

fakta-tentang-pelangi-benarkah-hanya-muncul-setelah-hujan

1. Terdapat pot emas di ujung pelangi
Mitos pelangi yang paling terkenal yaitu berkenaan pot emas. Dikatakan, pada ujung pelangi terkandung pot emas yang dijaga Leprechaun yang licik. Leprechaun merupakan sosok peri jantan yang diekspresikan pada mitologi Irlandia.

Dalam mitos yang diceritakan, judibolalive99 dahulu seseorang di Irlandia menjarah berbagai harta lalu menguburnya di seluruh perdesaan. Barang-barang yang disita itu, secara tidak sengaja ditemukan oleh Leprechaun.

Sebab barang yang dikubur hasil curian, para Leprechaun tidak mempercayai seluruh orang lalu mengubur harta selanjutnya ke dalam pot di bawah tanah seluruh pulau. Dikatakan, kala pelangi muncul, ujungnya dapat mengarah kepada pot emas yang sudah dikubur oleh para Leprechaun.

2. Pelangi membentuk busur yang sempurna
Sebenarnya pelangi membentuk satu lingkaran penuh meski Anda cuma melihatnya berbentuk setengah lingkaran. Hal itu berlangsung gara-gara seseorang cuma sanggup lihat sinar yang dipantulkan oleh tetesan hujan di atas langit. Oleh gara-gara itu, pas terlihat, pelangi tidak membentuk lingkaran sempurna.

Yang sanggup lihat pelangi bersama dengan wujud lingkaran penuh adalah pilot pesawat atau helikopter. Hal itu gara-gara mereka lihat pantulan sinar dari atas. Selain itu, sebagian pedaki gunung juga terkadang sanggup lihat pelangi membentuk lingkaran penuh.

3. Terdiri dari tujuh warna
Ada 7 warna pelangi yang kita kenal pas sekolah dulu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Padahal faktanya, pelangi mengandung lebih dari 1 juta warna. Ketujuh warna yang disebut di atas adalah spektrum warna yang paling kerap terlihat.

4. Semua orang lihat pelangi yang berbeda-beda
Saat seseorang lihat pelangi setelah hujan, pandangan sinar yang dihasilkan tiap tiap orang sebenarnya berbeda. Hal ini gara-gara tiap tiap mata tidak sanggup berada di daerah dan area yang mirip secara bersamaan. Jadi sebenarnya, pas lihat pelangi, pandangan seseorang dapat berbeda, biarpun letaknya sama.

5. Pelangi cuma nampak kala hujan
Hujan cuma jadi perantara untuk munculnya pelangi. Hal ini gara-gara sinar matahari menyinari tetesan pada sudut yang tepat. Itulah yang menghidupkan pelangi. Padahal pelangi sanggup nampak kapan saja. Pelangi dapat nampak kala terkandung tetesan air di udara biarpun tidak hujan. Tetesan selanjutnya dapat dipantulkan sinar matahari sehingga membentuk warna-warna indah.

6. Pelangi cuma nampak kala siang hari
Pelangi umumnya nampak pas siang hari. Namun, rupanya pelangi juga sanggup berlangsung pada malam hari. Pelangi pada malam hari disebul “moonbow” atau pelangi bulan. Busur pada pelangi dapat tercipta kala sinar yang dipantulkan oleh bulan berkenaan tetesan air di udara.

Biasanya pelangi malam ini terebentuk kala bulan purnama. Warna yang nampak pada moonbow juga mempunyai warna yang mirip seperti pas siang hari, namun warna yang dihasilkan sedikit redup gara-gara terkait sinar yang dihasilkan bulan.

7. Kita sanggup sebabkan pelangi sendiri
Ya, tiap tiap orang sanggup sebabkan pelangi kapan saja. Hanya butuh tetesan air yang membelakangi matahari, tidak lama dapat nampak lengkungan sinar berwarna-warni. Selain bersama dengan air, pelangi juga sanggup dibuat dari cermin.

8. Kita juga sanggup sebabkan pelangi menghilang
Selain sanggup sebabkan pelangi, kitajuga sanggup menghilangkan pelangi. Pada dasarnya, pelangi terbentuk gara-gara pantulan sinar yang melengkung sehingga membentuk warna-warna indah. Nah, pantulan sinar ini jikalau tertutup oleh seseorang, dapat sebabkan warna-warna selanjutnya menghilang gara-gara gelombangnya terganggu.

9. Pelangi kerap nampak di jam yang sama
Walaupun pelangi sanggup nampak kapan saja, baik pagi, siang, sore atau malam, namun terkandung jam-jam di mana pelangi kerap muncul. Namun, secara umum, pelangi lebih kemungkinan berlangsung pas sore hari gara-gara sudut atau pantulan matahari amat pas sehingga membentuk lengkungan warna-warni ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *