Fakta dan Mitos Bayi Prematur

Fakta dan Mitos Bayi Prematur – Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum umur kehamilan 37 minggu. Terdapat pembagian kelahiran prematur berdasarkan umur kehamilannya yaitu extremely preterm dengan umur kehamilan tidak cukup berasal dari 28 minggu, very preterm dengan umur kehamilan 28 hingga 32 minggu, dan moderate to late preterm yaitu umur kehamilan 32 hingga 37 minggu.

Fakta dan Mitos Bayi Prematur

Fakta dan Mitos Bayi Prematur

Di dalam artikel ini, dapat dibahas apa saja mitos dan fakta bayi prematur yang sebaiknya Mama ketahui.

1 berasal dari 10 bayi terlahir prematur tiap-tiap tahunnya

FAKTA, kelahiran bayi prematur ternyata lebih kerap berasal dari yang Mama bayangkan. Sekitar 15 juta bayi yang lahir tiap-tiap tahunnya adalah bayi prematur, yaitu 1 berasal dari 10 bayi.

Bayi prematur perlu skin to skin contact yang lebih sering

FAKTA, bayi prematur yang kerap mendapatkan kontak kulit ke kulit (skin to skin contact) mgslotonline dengan ibunya mengalami bertambahnya berat badan yang lebih banyak, membawa regulasi nadi dan pernapasan yang lebih baik, dan juga distribusi oksigen di dalam tubuh yang lebih efektif. Hal ini juga dapat berdampak dengan pertumbuhan kognitif dan motorik yang lebih baik waktu Si Kecil umur 6 bulan. Namun, mesti diingat sehingga Mama selalu memegang prinsip kebersihan yang baik sebelum memegang Si Kecil. Berdasarkan fakta ini, dikembangkan inisiatif Perawatan Metode Kanguru (PMK) di Colombia pada th. 1978, yaitu suatu metode intervensi komprehensif yang diberikan pada bayi prematur maupun bayi berat badan rendah. PMK merupakan pendekatan yang mudah dilakukan dan mampu menurunkan angka kesakitan maupun kematian bayi. PMK terdiri berasal dari kontak kulit ke kulit antar Mama dan Si Kecil dan juga perlindungan ASI, prosedur ini mampu dilakukan kapanpun dan menciptakan lingkungan optimal untuk bayi beradaptasi. Kontak kulit ke kulit merupakan pilihan yang aman dan tidak mahal dibandingkan dengan inkubator saja.

Mama mampu meminimalisir risiko persalinan tidak cukup bulan

FAKTA, terdapat begitu banyak ragam penyebab persalinan prematur layaknya ketuban pecah dini, terdapatnya penyakit infeksi maupun penyakit parah layaknya diabetes maupun hipertensi dalam kehamilan, dan juga pola makan ibu, namun terkadang persalinan prematur juga mampu berlangsung secara spontan tanpa penyebab tertentu. Memahami penyebab dan mekanisme persalinan prematur mampu menolong Mama untuk mencari solusi pencegahan yang efektif cocok dengan segi risiko yang ada. 2,5 Beberapa perihal yang mampu Mama jalankan untuk menahan kelahiran prematur adalah:

Rutin jalankan kontrol kehamilan ke dokter cocok dengan jadwal yang dianjurkan,
jauhi substansi beresiko layaknya rokok, alkohol, maupun obat-obatan lainnya. Mama sebaiknya mengonsultasikan khususnya dahulu dengan dokter jika dapat mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu,
Mengonsumsi makanan bergizi sepadan juga memenuhi keperluan protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, zat besi dan asam folat,
Memantau bertambahnya berat badan sepanjang kehamilan cocok arahan dokter,
jauhi stres.

Nutrisi memegang kegunaan mutlak untuk menolong tumbuh kembang bayi prematur

FAKTA, bayi prematur mempunyai risiko yang lebih tinggi pada masalah tumbuh kembang dibandingkan dengan bayi memadai bulan. Dampak jangka pendek dan jangka panjang yang jelek akibat prematuritas mampu dicegah dengan usaha resusitasi, asuhan nutrisi, dan perawatan neurodevelopmental yang optimal. ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi memadai bulan, begitu pula untuk bayi prematur. ASI mempunyai kelebihan yaitu mampu menambahkan proteksi imunologis sehingga mampu menurunkan angka perihal sepsis dan penyakit radang usus, pengosongan lambung juga dua kali lebih cepat daripada formula.

Bayi prematur sebetulnya perlu perhatian lebih jika dibandingkan dengan bayi yang lahir normal. Bila tersedia pertanyaan lebih lanjut Mama direkomendasi untuk konsultasi kepada dokter, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *