BBM Motor Gede Setara Mobil, Ini Mitos Atau Fakta?

BBM Motor Gede Setara Mobil, Ini Mitos Atau Fakta? – Bagi pengguna motor gede atau pasti sering merasakan bila konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan begitu boros. Bahkan tak jarang disebut-sebut “minum” lebih dahsyat dari mobil.

BBM Motor Gede Setara Mobil, Ini Mitos Atau Fakta?

bbm-motor-gede-setara-mobil-ini-mitos-atau-fakta

Seperti dituliskan Cycle World, hal ini sebetulnya disebabkan oleh tiga faktor yang membuat moge boros. Walaupun umumnya para pemilik moge telah biasa bersama situasi layaknya ini.

Sebelumnya, harus diketahui bila moge di sini adalah motor berkapasitas mesin 600cc ke atas. Berikut penjelasan mengapa moge mampu tandas minum bahan bakar dan sering dinyatakan menyamai mobil:

Putaran Mesin Tinggi. Ketika sebuah mobil melaju stabil, hanya butuh putaran mesin terhadap 2.200 rpm. Namun sebuah motor sport 1.000cc, kadang kala capai 8.000 rpm. Tentunya putaran mesin yang lebih tinggi membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak, meski untuk kecepatan yang serupa bersama mobil.
Gesekan Mesin Besar. Dengan kapasitas mesin dan dimensi mesin yang lebih besar, pastinya ada lebih banyak komponen di didalam dapur pacu. Sudah pasti gaya gesek terhadap komponen-komponen di dalamnya besar, terutama di anggota piston dan klep.
Hambatan Udara. Meski motor sport saat ini telah mempunyai bentuk yang aerodinamis, tetapi drag coefficient (Cd) masih 0,6 atau serupa sebuah van kotak. Sedangkan mobil penumpang atau sedan normal, telah di angka 0,3 Cd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *